Materi Dasar Animasi 2D dan Aplikasi Animasi adobe Flash
DASAR ANIMASI 2D |
Time Line adalah berguna
untuk mengatur letak dan waktu dari animasi sebuah objek.
Dalam Timeline ini terdapat dua
bagian utama yaitu Layer dan Frame.
Dalam Timeline terbagi menjadi
dua bagian yaitu :
1. Layer Dalam bagian Layer ini berguna
sebagai tempat meletakkan objek.
2. Frame berfungsi untuk mengatur waktu dari
objek ataupun animasi akan ditampilkan. Kecepatan frame yang dimainkan sangat
berpengaruh dari framerate yang digunakan. Makin tinggi framerate maka akan
semakin cepat pula sebuah animasi akan dimainkan. Satuan kecepatan yang
digunakan frame adalah fps (frame per second).
Keyframe : keyframe adalah
frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang
berisi gambar. apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe, apabila salah satu
keyframe kita rubah gambarnya, itu tidak akan mempengaruhi gambar-gambar di
keyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri.
Layer merupakan
lapisan yang memuat
artwork, yaitu obyek
gambar,teks, dan lain-lain
"Tween"
sebenarnya adalah singkatan dari "di antara", dan mengacu pada
penciptaan frame berturut animasi diantara frame kunci. Dalam animasi komputer,
istilah ini paling sering digunakan untuk Flash "bentuk tweening" dan
"gerak tweening" proses, di mana pengguna dapat menentukan dua frame
kunci dan Flash secara otomatis akan menciptakan di antara frame, baik morphing
satu bentuk menjadi lain melalui periode waktu yang ditetapkan atau memindahkan
bentuk atau bentuk dari titik A ke titik B selama periode waktu tertentu.
Jenis-Jenis Tweening
1. Shape Tweening (Animasi Perubahan Bentuk)
Shape tweening berguna untuk
mengubah bentuk. Flash hanya dapat mengubah bentuk, jadi jangan mencoba untuk
melakukan Shape tween untuk group, symbol, atau teks. Hal ini tidak akan
berhasil. Anda dapat melakukan Shape Tween pada beberapa bentuk di dalam sebuah
layer, tetapi lebih baik untuk menempatkannya pada layer yang berbeda. Hal ini
akan memudahkan jika kita ingin melakukan perubahan. Shape tweening juga
memperbolehkan Anda untuk mengubah warna.
Shape hints
Shape hints memberikan kontrol
untuk shape tween yang kompleks. Anda bisa mengatur setiap titik awal dari
animasi perubahan bentuk lalu titik akhir dari animasi perubahan bentuk
tersebut. Dengan memberi beberapa shape
hints maka kita bisa mengontrol animasi perubahan bentuk sesuai dengan
yang kita inginkan karena dalam animasi perubahan bentuk yang kompleks
seringkali apa yang kita inginkan tidak bisa dilakukan oleh program Flash
secara otomatis kecuali melalui shape hints.
2. Motion Tweening (Animasi gerak)
Motion tween tidak hanya berguna
untuk menggerakkan groups, simbol, atau teks yang dapat diedit dari satu tempat
ke tempat lain. Motion tween menolong Anda untuk merubah ukuran, memutar,
merubah warna dan transparansi simbol. Motion tween hanya bisa digunakan pada
satu objek pada satu layer. Jadi jika ingin menggerakkan banyak objek maka
memerlukan banyak layer.
Animasi masking adalah
animasi yang pada intinya menampilkan objek yang semula kita sembunyikan.
Animasi masking mempunyai 2 metode dasar yaitu :
1. Area masking yang bergerak,
objek yang di mask diam.
2. Area masking yang diam dan
objek yang di mask yang bergerak.
Kedua teknik tersebut akan
menampilkan hasil animasi yang berbeda.. Selain itu area masking hanya boleh
berupa fill. Jadi untuk outline (garis) tidak diperbolehkan.
Mask menciptakan jendela
atau bukaan yang mengungkapkan isi langsung di bawah mask dalam lapisan di
bawah sambil menyembunyikan segala sesuatu yang lain pada lapisan yang
mendasari. Mask dapat statis atau animasi. Flash akan mengabaikan gradien,
transparansi dan warna pada objek mask.
Sebuah Layer Mask terkait dengan
layer dan menyembunyikan bagian dari lapisan dari gambar. Apa yang dicat hitam
pada lapisan penyesuaian tidak akan terlihat pada gambar akhir. Apa abu-abu akan
lebih atau kurang transparan tergantung pada warna abu-abu. Sebagai layer mask
dapat baik diedit dan berpindah-pindah secara independen dari kedua lapisan
latar belakang dan lapisan itu berlaku untuk, memberikan pengguna kemampuan
untuk menguji banyak kombinasi yang berbeda dari overlay.
Movie Clip merupakan salah
satu type dari symbol. Movie clip digunakan untuk membuat objek agar dapat
menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi twee, masking, guide.
Selain itu, dengan dijadikannya suatu objek menjadi movie clip maka objek
tersebut dapat diberi action script. Movie clip merupakan simbol yang juga
mempunyai timeline nya sendiri. Ketika sebuah simbol movie clip di klik dua
kali maka akan muncul timeline dari movie clip tersebut. Di dalam timeline ini,
dibuatlah beberapa gerakan yang hendak dilakukan oleh gambar yang dimaksud.
Nah, jika kita kembali ke timeline utama kita maka hanya dengan satu frame
saja, sebuah movie clip sudah bergerak sesuai dengan gerakan yang dibuat di
timeline movie clip tadi.
Mungkin anda juga mencari tentang
Posting Komentar untuk "Materi Dasar Animasi 2D dan Aplikasi Animasi adobe Flash"
Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti untuk pengembangan website www.griyachumaidi.com